Seputar Peradilan

Selasa, 5 Maret 2019 kantor Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang berlokasi di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jalan Ahmad Yani Kota Jakarta Pusat, mendapat kunjungan dari rombongan Sekretaris Pengadilan Agama Kalimantan Selatan, kunjungan ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Diklat Menpim Tk. IV Angkatan XXVIII tahap III yang berlangsung tanggal  24 februari sampai dengan 19 maret 2019.

WhatsApp Image 2019 03 05 at 5.22.12 PM

Dalam kesempatan ini rombongan Sekretaris Pengadilan Agama Kalimantas Selatan mendapat kehormatan didampingi langsung oleh Dr. H. Aco Nur berkeliling dan mengunjungi Perpustakaan Badilag yang menjadi pusat dari koleksi putusan-putusan yang telah dikeluarkan oleh Dirjen Badilag dari masa kemasa. Disamping itu beliau juga memaparkan tentang beberapa Program Prioritas Badilag tahun 2019 yang harus diterapkan oleh para sekretaris diantaranya.

1.Program Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (Wbk)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

2.E-Court, atau pengadilan elektronik, adalah sebuah layanan berbentuk aplikasi yang disediakan untuk para pencari keadilan yang telah terdaftar, untuk dapat mengajukan perkara secara on line, membayar biaya perkara secara on line dan untuk pemanggilan melalui saluran elektronik.

3.Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) adalah pelayanan administrasi peradilan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses yang dimulai dari tahap permohonan informasi, pengaduan, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian sisa panjar biaya perkara, sampai pengambilan produk pengadilan melalui satu pintu.

Dr. H. Aco Nur adalah Direktur Jendral Badan Peradilan Agama yang baru saja dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI), Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. pada tanggal 26 juni 2018. Beliau menggantikan Dr. H. Abdul Manaf, M.H., yang telah mengakhiri pengabdiannya dan sekarang menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya.