Seputar Peradilan

PENGADILAN AGAMA DAN PENGADILAN NEGERI BANYUWANGI UPACARA BERSAMA MENYAMBUT PERINGATAN HUT MA RI KE-74

Dalam rangka peringatan Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74 tanggal 19 Agustus 2019 Pengadilan  Agama  mengadakan upacara di halaman Kantor Pengadilan Negeri Marabahan. atas kesepakatan untuk mempererat persaudaraan Ikatan sesama instansi dibawah naungan Mahkamah Agung Republik Indonesia, maka upacara peringatan Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74 dilaksanakan di Pengadilan Negeri Marabahan, Sedangkan untuk tahun depan akan berpindah tempat untuk pelaksanaannya di Pengadilan Agama Marabahan.

WhatsApp Image 2019-08-19 at 11.38.13 (1).jpeg   

Upacara yang berlangsung pada hari Senin tanggal 19 Agustus 2019 dimulai jam 07.30 sampai selesai diikuti oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Marabahan, mulai dari pimpinan, hakim, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh pegawai dan Honorer turut serta mengikuti upacara yang berlangsung dengan hikmat.

Ketua Pengadilan Negeri Marabahan Dyan Martha Budhinugraeny, SH, MH. bertindak sebagai inspektur upacara. Pada kesempatan tersebut beliau membacakan amanat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Pada Hari Jadi Mahkamah Agung Ri Ke-74.

 WhatsApp Image 2019-08-19 at 11.38.13.jpeg      

WhatsApp Image 2019-08-19 at 11.55.26.jpeg

Dalam amanat tersebut, beliau menjelaskan bahwa “selama implementasi e-court, Mahkamah Agung terus melakukan evaluasi serta melihat peluang-peluang pengembangan aplikasi tersebut di masa yang akan datang. Melalui kelompok kerja yang telah dibentuk, e-court telah dikembangkan lebih lanjut untuk mendorong Badan Peradilan Indonesia memasuki fase berikutnya sebagai peradilan modern melalui pengenalan litigasi. Kebijakan untuk menerapkan e-litigasi telah mendapatkan persetujuan dari Pimpinan Mahkamah Agung untuk melengkapi ketentuan­ - ketentuan dalam hukum acara perdata agar lebih adaptif dengan perkembangan masyarakat.

Peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-74 ini mengambil tema “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani”, hal ini merefleksikan bahwa saat ini semua lembaga yang memberikan layanan publik dituntut untuk mampu menangkap perubahan yang terjadi di tengah masyarakat, serta mampu melakukan inovasi agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan masyarakat modern saat ini. Sehingga dalam kesempatan ini juga akan diluncurkan e-litigasi dengan disahkan Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik telah meredesain praktik peradilan Indonesia khususnya terkait sengketa perdata dan Tata Usaha Negara dari sistem konvensional menjadi sistem yang setara dengan praktik peradilan modem yang telah diterapkan oleh negara-negara yang dikenal maju dari sisi teknologi. Kebijakan terkait e- litigasi memuat tiga hal utama sebagai pengembangan dari e-court yaitu pertukaran dokumen elektronik (Jawaban, Replik, Duplik, dan Kesimpulan), Pembuktian Elektronik, dan Penyampaian Putusan Secara Elektronik. Seiring pengesahan kebijakan ini, Mahkamah Agung telah bergerak cepat dengan membuat petunjuk teknis serta melakukan sosialisasi ke Hakim dan aparatur peradilan yang lembaganya akan dijadikan sebagai percontohan dalam penerapan e-litigasi.

Dan bersamaan juga diluncurkan Himne Mahkamah Agung. Himne ini diharapkan bisa mempersatukan tekad, semangat, dan jiwa seluruh warga peradilan serta menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan warga peradilan terhadap lembaga peradilan.

 WhatsApp Image 2019-08-21 at 10.13.21 (1).jpeg 

WhatsApp Image 2019-08-21 at 10.13.21.jpeg

Seluruh rangkaian upacara berjalan dengan tertib, lancar dan khidmat, ditutup dengan doa. Setelah upacara dibubarkan maka dilakukan sesi ramah tamah bersama seluruh warga pengadilan PN - PA Marabahan, Acara dinulai dengan pemotongan tupeng dan syukuran bersama untuk mahkamah agung, serta nonton bareng peluncuran Himne Mahkamah Agung RI. dan dilanjutkan acara dengan makan bersama.