Seputar Peradilan

Transparansi dan keterbukaan informasi kepada publik yang termuat dalam UU nomor 14 tahun 2008 diantaranya nya mewajibkan membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efisien sehingga layanan informasi dapat memberikan akses dengan mudah. Dalam melaksanakan tupoksinya Pengadilan Agama Marabahan seringkali mengadakan kegiatan-kegiatan pelayanan yang dapat memudahkan masyarakat pencari keadilan, diantaranya layanan Siding Keliling, pelayanan perkara secara cuma-cuma atau Prodeo serta pelayanan Sidang Terpadu. Meski kegiatan - kegiatan tersebut telah di sosialisasikan melalui media website milik PA Marabahan, namun kadangkala informasi tersebut tidak tersampaikan kesemua lapisan masyarakat dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tidak familiar dengan teknologi Internet. Untuk mengantisipasi hal tersebut Pengadilan Agama Marabahan menjalin kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Kab. Barito Kuala.

1     2

Senin, 27 Januari 2020 bertepat di kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Barito Kuala dilaksanakan audiens antara PA Marabahan yang diwakili oleh Rusdiana, S.Ag (Ketua Pengadilan) bersama Aries Wahyudi, S.Kom (Kasubag Perencanaan, TI dan Pelaporan)  dengan Akmad Wahyuni S.Sos (Kepala Diskominfo) beserta jajaran pejabat struktural lainya. Dalam audiens tersebut membahas mengenai kemungkinan informasi pelayanan dan kegiatan PA Marabahan dapat ditampilkan pada layanan Videotron milik Diskominfo yang terpasang pada perempatan jalan Veteran, Marabahan. Sehingga layanan informasi yang tadinya hanya dapat diakses pada website milik PA Marabahan juga dapat di tampilkan pada layanan videotron tersebut dan dapat diketahui oleh lebih banyak masyarakat.

Menanggapi usulan tersebut bapak Akmad Wahyuni menyambut baik terhadap rencana tersebut dan mempersilahkan ikut mempergunakan layanan videotron. Beliau menambahkan bahwa keterbukaan informasi pada era sekarang ini memang menjadi keharusan agar masyarakat dapat dengan mudah mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan oleh instansi pemerintah. Beliau juga menyarankan agar nantinya selain informasi kegiatan dapat juga ditampilkan informasi lain seperti syarat-syarat berperkara dan biaya berperkara di PA Marabahan. Informasi layanan dan Kegiatan tersebut mulai di tayangkan pada tanggal 29 Januari 2020.