Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Marabahan Gelar Sidang Isbat Nikah terpadu

Marabah-Sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran. Pengadilan Agama Marabahan kembali melaksanakan Sidang Itsbat Terpadu Tahun Anggaran 2020 dan ini merupakan Sidang Isbat terpadu yang kedua kalinya semenjak tahun 2019.

Sebagaimana Surat Keputusan ketua Pengadilan Agama Marabahan tertanggal 17 September 2019 dengan Nomor W7-A2/1178/HK.05/9/2020 Tentang Susunan Panitia Dan Tim Sidang Isbat Terpadu Tahun Anggaran 2020 bahwa Sidang Isbat Terpadu dilaksanakan di Kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala.

sidang isbat nikah 2

Pelaksanaan Sidang Isbat terpadu Pengadilan Agama Marabahan ini bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Kuala, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Kementerian Agama (KUA).

Dengan adanya sebagian masyarakat yang pernikahannya tidak tercatat, apakah disebabkan faktor ekonomi, biaya, geografi atau lainnya, disisi lain begitu urgennya Akte Nikah maupun Akte Kelahiran dengan rentetan akibat hukumnya seperti : Kewarisan, kewarganegaraan, jasa raharja, status anak dan lainya, sementara setiap warga negara Republik Indonesia berhak mendapatkan pengakuan dan kepastian hukum, maka untuk menyelesaikan permasalahan tersebut Mahkamah Agung Republik Indonesia telah menerbitkan PERMA Nomor 1 tahun 2015 tentang “Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA) /Mahkamah Syari’ah dalam rangka penerbitan Akte Perkawinan, Buku Nikah dan Akte Kelahiran”.

sidang isbat

Sidang Isbat Terpadu ini terus dilaksanakan Pengadilan Agama Marabahan pada setiap tahunnya. Hal ini bertujuan agar masyarakat di Kabupaten Barito Kuala yang belum memiliki Buku Nikah dipermudah untuk mendapatkannya dengan menghemat waktu karena tidak perlu sidang di Kantor Pengadilan Agama Marabahan untuk mendapatkan surat keputusan yang nantinya akan diserahkan kepada KUA setempat dan juga bisa menghemat biaya bagi masyarakat yang tidak mampu. Program ini tentunya dilakukan demi efektif dan efesiennya pelayanan kepada para pencari keadilan di wilayah Pengadilan Agama Marabahan.