Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Marabahan Kalimantan Selatan | Media Informasi & Transpransi Pengadilan Agama Marabahan
 

Nikah Sirri versi Prof. Mark Cammack

Pa-marabahan@gmail.com

Mark Cammack, Professor of Law dari Southwestern School of Law,  Los Angeles CA, memberikan komentar menarik seputar ‘nikah sirri’ yang menjadi topik paling hangat di Indonesia beberapa minggu belakangan.

Kontroversi nikah sirri tidak hanya terjadi di dunia Islam, kata Mark. Sejarah mencatat bahwa masalah ini sudah terjadi di Eropa ratusan tahun yang lalu. “Hubungan sejarah antara dua kasus nikah sirri dalam Islam dan Barat bisa jadi menarik untuk dipelajari oleh para pembaca Badilag.net,” katanya lagi.

Contoh paling popular tentang nikah sirri di Barat adalah pernikahan sepasang kekasih, Romeo dan Juliet yang melangsungkan perkawinan tanpa sepengetahuan dan persetujuan kedua orang tua mereka. Praktek pernikahan sirri jenis ini sebenarnya tidak disepakati oleh semua anggota masyarakat.

“Nikah sirri di Indonesia termasuk masalah yang rentan dan kompleks. Penanganannya membutuhkan sensitivitas dan kebijaksanaan serta kerja keras,” ungkap Mark.

Artikel lengkap Prof. Mark Cammack tentang hal ini yang berjudul “Clandestine Marriage in the Christian West” bisa diunduh di kumpulan makalah badilag.net/english. (vic)

Total akses : 1739