Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Marabahan Kalimantan Selatan | Media Informasi & Transpransi Pengadilan Agama Marabahan
 

SOSIALISASI DAN DDTK SIPP VERSI 3.2.0 DI PENGADILAN AGAMA MARABAHAN

 

Pada hari Kamis, tanggal 28 Desember 2017 bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Agama Marabahan, diadakan sosialisasi dan DDTK Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) terbaru versi 3.2.0, kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah persiapan penerapan SIPP versi 3.2.0 sebelum diimplementasikan dan dilaksanakan pada Januari 2018, hal ini sebagai tindak lanjut dari pesan Ketua Mahkamah Agung Prof.  Dr.M.Hatta Ali, SH., MH dimana seluruh Pengadilan di 4 lingkungan peradilan, harus segera mengimplementasikan SIPP versi 3.2.0 ini di pengadilan masing masing, sebagaimana sambutan beliau yang menyatakan “sebelum ayam jantan berkokok tahun 2018, seluruh pengadilan sudah menerapkan SIPP versi 3.2.0 ini”, hal ini disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung dalam acara peluncuran Sistem Informasi Penelusuran Perkara dan penyerahan Sertifikasi Penjaminan Mutu kepada 4 lingkungan peradilan yang bertempat di Ball Room Hotel Clarion, pada hari Kamis tanggal 29 Nopember 2017. 

Tujuan utama Sistem Informasi Penelusuran Perkara ini adalah aplikasi resmi dari Mahkamah Agung Republik Indonesia yang di bangun dan dikembangkan untuk dapat memudahkan dan menunjang semua aparat Pengadilan dan untuk membantu para pencari keadilan dalam memonitoring proses penyelesaian perkara sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan dengan sistem informasi perkara yang terintegrasi ke Mahkamah Agung ini, maka diharapkan Mahkamah Agung dapat dengan mudah mengakses perkara yang ada di daerah dalam rangka melakukan pengawasan.

Kegiatan sosialisasi dan DDTK SIPP versi mutakhir di Pengadilan Agama Marabahan ini dikuti oleh Pimpinan, Hakim dan  seluruh jajaran kepaniteraan di lingkungan Pengadilan Agama Marabahan.Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan pelaksanaan kegiatan ini dapat diaplikasikan dengan baik dan untuk lebih memantapkan penguasaan penggunaan Aplikasi pada lingkungan Pengadilan Agama Marabahan.

 

 

 

Sosialisasi dan DDTK SIPP ini dipandu langsung oleh Amrullah, S.H. selaku Admin SIPP Pengadilan Agama Marabahan yang dalam dalam penjelasannya menyampaikan bahwa SIPP versi terbaru ini mengusung fitur-fitur baru berupa:   Penambahan beberapa fungsi terdiri dari  data relaas, template amar, penambahan blanko putusan dan optimalisasi menu delegasi. SIPP versi 3.2.0 juga sudah terintegrasi dengan aplikasi SIAP dan Direktori Putusan Kepaniteraan Mahkamah Agung RI. Disamping itu pada Sosialisasi dan DDTK SIPP ini juga diadakan simulasi  dimulai dari perkara masuk sampai perkara putus dengan menggunakan SIPP versi terbaru.

 

 

 

 

Kegiatan Sosialisasi dan DDTK di lingkungan Pengadilan Agama Marabahan ini diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta, sehingga instruktur pun mendapat hujan pertanyaan dari para peserta. Hal ini tentunya merupakan hal yang sangat menggembirakan dan membanggakan karena seluruh jajaran Pengadilan Agama Marabahan sudah siap dan berkomitmen untuk menerapkan aplikasi ini dalam pekerjaannya sehari-hari.

Total akses : 72