Jadwal Sidang

Pengadilan Agama Marabahan memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara. Informasi yang disuguhkan yaitu jadwal sidang untuk hari ini, jadwal persidangan yang lalu maupun yang akan datang.

Lebih Lanjut

Penelusuran Perkara

Sampai sejauh mana perkara anda ditangani di Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan. Silahkan anda telusuri informasinya melaui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Melalui SIPP, anda akan mengetahui tahapan, status, biaya dan riwayat perkara.

Lebih Lanjut


AREA VI

PENGUATAN PELAYANAN PUBLIK

*Gunakan "Open New Tab" untuk melihat file

1. STANDAR PELAYANAN

a. Terdapat kebijakan standar pelayanan   

1. SK KMA No 144 KMA SK VIII 2007

2. SK KMA No 076 KMA SK VI 2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan

3. SK KMA 1-144 2011

4. SK KMA No.026-2012 Standar Pelayanan Peradilan

5. SK Standar Pelayanan Pengadilan 2021 

6.SK PTSP 2021

7. SK Meja Informasi 2021 

8. SK Meja Pengaduan 2021 

9. SK Pengelola Website 2021

       10. SK Jenis-jenis informasi di pengadilan 2021

       11. Penggunaan TI untuk kinerja Unit

       12. Penggunaan TI dalam Pelayanan Publik

       13. Penggunaan TI dalam Manajemen SDM

       14. Inovasi Standar Pelayanan Pengadilan 

b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan

1. Maklumat Pelayanan 2021

2. ONE DAY COURT SERVICE

3. Inovasi Standar Pelayanan yang telah dimaklumatkan

4. Dokumentasi Maklumat Pelayanan dan Pakta Integritas 2021

5. Penggunaan TI untuk kinerja Unit

        6. Penggunaan TI dalam Pelayanan Publik

        7. Penggunaan TI dalam Manajemen SDM

c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan

1. SOP-00 Kepaniteraan

2. SOP-01 Pelayanan Informasi Berbasis TI

3. SOP-02 Pelayanan POS Bantuan Hukum

4. SOP-03 Pelayanan Sidang Diluar Gedung Pengadilan

5. SOP-04 Pelayanan Penerimaan Perkara

6. SOP-05 Pelayanan Pembayaran Panjar Biaya Perkara

7. SOP-06 Pelayanan  Sidang Terpadu

8. SOP-07 Penetapan Majelis Hakim

9. SOP-08 Penunjukan Panitera Pengganti

       10. SOP-09 Penunjukan Jurusita-Jurusita Pengganti

       11. SOP-10 Penetapan Hari Sidang

       12. SOP-11 Pemanggilan Para Pihak

               13. SOP-12 Pelayanan Pemanggilan Tergugat-Termohon Untuk Perkara Cerai

               14. SOP-13 Pelayanan Pemanggilan Tergugat-Termohon Untuk Perkara Non Cerai

               15. SOP-14 Pelayanan Pemanggilan Tergugat-Termohon yang tinggal di luar negeri

               16. SOP-15 Pelayanan Permohonan Bantuan Panggilan Pemberitahuan ke Pengadilan Agama lain

               17. SOP-16 Pelayanan Permohonan Banuan Panggilan Pemberitahuan ke Pengadilan Agama lain 

       18. SOP-17 Kegiatan Persidangan

       19. SOP-18 Pelayanan Mediasi

       20. SOP-19 Prosedur Layanan Pemanggilan Saksi

       21. SOP-20 Pelayanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Saksi ke Pengadilan Agama lain

       22. SOP-21 Permohonan Bantuan Pemeriksaan Saksi dari Pengadilan Agama lain

       23. SOP-22 Pemeriksaan Setempat 

               24. SOP-23 Pelayanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Setempat dari Pengadilan Agama lain

       25. SOP-24 Pelayanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Setempat ke Pengadilan Agama lain

       26. SOP-25 Pelayanan Tambah Biaya Panjar Perkara

       27. SOP-26 Pelayanan Sita Jaminan

       28. SOP-27 Pelayanan Sita Buntut

       29. SOP-28 Pelayanan Permohonan Sita Harta Bersama Tanpa Perkara

       30. SOP-29 Pelayanan Pemberitahuan Isi Putusan

               31. SOP-30 Pelayanan Pengelolaan Uang Sisa Panjar

               32. SOP-31 Pelayanan Penyerahan Salinan Putusan kepada para pihak

               33. SOP-32 Pelayanan Pengembalian Kutipan Akta Nikah

               34. SOP-33 Pelayanan Ikrar Talak

               35. SOP-34 Pelayanan Penerbitan dan Penyerahan Akta Cerai

               36. SOP-35 Pelayanan Pengiriman Petikan Salinan Putusan KUA dan DISDUKCAPIL

               37. SOP-36 Pelayanan Permintaan Produk Pengadilan

               38. SOP-37 Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana oleh Hakim Tunggal

               39. SOP-38 Pelayanan Penerimaan Perkara dalam Ekonomi Syariah dengan acara sederhana tidak memenuhi syarat

               40. SOP-39 Pelayanan Upaya Hukum Keberatan dalam Perkara Ekonomi Syariah Dengan Acara Sederhana Yang Melewati Batas Waktu

               41. SOP-40 Pelayanan Upaya Hukum Keberatan Dalam Perkara Ekonomi Syariah Sederhana Yang Memenuhi Batas Waktu

               42. SOP-41 Pelayanan Banding

               43. SOP-42 Pelayanan Kasasi

       44. SOP-43 Pelayanan Kasasi Yang Tidak Memenuhi Syarat Formal Dengan Alasan Melebihi Batas Waktu. 

               45. SOP-44 Pelayanan Kasasi Yang Tidak Memenuhi Syarat Formal Dengan Alasan Tidak Mengajukan Memori Kasasi

               46. SOP-45 Pelayanan Peninjauan Kembali

       47. SOP-46 Pelayanan Prodeo Tingkat Pertama

       48. SOP-47 Pelayanan Prodeo Tingkat Banding 

       49. SOP-48 Pelayanan Prodeo Pada Tingkat Kasasi

               50. SOP-49 Pelayanan Pembebasan Biaya Perkara Tingkat Pertama

       51. SOP-50 Pelayanan Pembebasan Biaya Perkara Tingkat Banding

       52. SOP-51 Pelayanan Pembebasan Biaya Perkara Tingkat Kasasi

       53. SOP-52 Pelayanan Permohonan Eksekusi Riil

       54. SOP-53 Pelayanan Permohonan Eksekusi Pembayaran Sejumlah Uang

       55. SOP-54 Pelayanan Permohonan Eksekusi Selain Putusan Pengadilan Agama dengan Lelang 

       56. SOP-55 Pelayanan Mohon Bantuan Eksekusi ke Pengadilan Agama Lain

               57. SOP-56 Pelayanan Mohon Bantuan Eksekusi Dari Pengadilan Agama Lain

               58. SOP-57 Pelayanan Permohonan Konsinyasi

               59. SOP-58 Pelayanan Permohonan Isbat Rukyah Hilal

               60. SOP-59 Pengarsipan

               61. SOP-60 Pelaporan Perkara

               62. SOP-61 Pengaduan 

               63. SOP-62 Pelayanan Pemohonan Perceraian PNS, TNI dan POLRI

               64. SOP-63 Pelayanan Permohonan Pendaftaran Surat Kuasa Khusus

        65. SOP-64 Pelayanan Permohonana Isbat Nikah Volunter

        66. SOP-65 Pengelolaan ATK Perkara

        67. SOP-66 Pelayanan Pengelolaan Keuangan Perkara

               68. SOP-67 Pelayanan Pengelolaan Sisa Panjar

               69. SOP-68 Peminjaman Arsip

               70. SOP-69 Minutasi 1 (satu) Hari

               71. SOP-70 Layanan Publikasi Putusan Satu Hari

       72. SOP-71 Pelayanan e-Court

d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP   

1. Dok Rapat pembentukan TIM Evaluasi SOP

2. SK TIM Reviu SOP

3. Laporan Reviu SOP 2020 Semester 1 | Semester 2

4. Hasil Reviu SOP Standar Pelayanan

 

2. PELAYANAN PRIMA

a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima

1. Dokumen DDTK PTSP PA Marabahan |  PTA Banjarmasin

2. Dokumen Sosialisasi Pelayanan Prima   |   Foto

3. Dokumen Budaya Kerja Hakim dan Pegawai

b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media

1. SK Meja Informasi 

2. SK PTSP 

3. SK Meja Pengaduan 

4. SK Jenis-Jenis Infromasi di Pengadilan 

5. Capture Pelayanan Website  |   Media Sosial

6. Brosur

7. Screenshot Pelayanan Media Sosial 

c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar

1. SK Tim Penilai PTSP 

2. SK Petugas PTSP Terbaik

3. SK Kompensasi Pelayanan di Lingkungan PA Marabahan

4. Pemberian Reward Petugas PTSP Terbaik

d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi

1. Capture Inovasi Pelayanan Terpadu

2. SK Pedoman PTSP Badilag 2018

3. Dokumentasi PTSP 1  | 2  |  3  |  4  |   |  6  |

e. Terdapat inovasi pelayanan

1. Inovasi Pelayanan Pengadilan Agama Marabahan

2. MOU SERBA MELATI

3. MOU SERBA SETARA

4. MOU Sidang terpadu Pa Capil Kemenag

5. MOU Sidang terpadu Pa Pemda Kemenag

 

 

3. PENILAIAN KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN

a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan

1. SKM Tim Survey Pengadilan Agama Marabahan 2020

2. SKM Periode 2020 Periode 1  |  Periode 2

b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka

1. SKM di Media Sosial

2. SKM dapat diunduh di Website 

c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat

1. Tindak Lanjut SKM 2020 Periode 1  |  Periode 2

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi peradilan?

Typography Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

ColorsSebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Se Kalimantan Selatan memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut