Seputar Peradilan
PEGAWAI PENGADILAN AGAMA MARABAHAN MENGIKUTI PEMBEKALAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI LAYANAN PTSM (PELAYANAN TERPADU SATU MEJA)
Marabahan - Kamis (09 Februari 2023) Sesuai surat dari Ketua Pengadilan Agama Marabahan bernomor W15-A9/332.02.1/2023 tentang undangan pembekalan pelayanan PTSM (Pelayanan Terpadu Satu Meja) pegawai Pengadilan Agama Marabahan yang terdiri dari pegawai bidang kepaniteraan, petugas PTSM, petugas security, petugas DILAN (Duta Pelayanan) dan petugas meja e-court mengikuti kegiatan pembekalan layanan PTSM (Pelayanan Terpadu Satu Meja).
Bertempat di ruang sidang 1 Pengadilan Agama Marabahan, kegiatan pembekalan dibuka langsung oleh ketua Pengadilan Agama Marabahan, Bapak H. Dede Andi, S.H, M.H.
Dilanjutkan dengan materi yang disampaikan juga oleh beliau dengan tema Implementasi Budaya Pelayanan Prima.
"Saya yakin semua pegawai kita di sini sudah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, namun dengan diadakannya pembekalan kali ini dan dengan dibuatnya standart pelayanan yang lebih profesional, saya berharap pelayanan kita kepada masyarakat bisa jauh lebih baik lagi dari pada sebelumnya".
Sebelum memberikan materi lebih mendalam, beliau bapak Ketua Pengadilan Agama Marabahan juga telah menyiapkan banyak video menarik tentang praktik-praktik pelayanan mulai dari pelayanan oleh securiti sampai pelayanan costumer service. Beliau juga menyisipkan banyak candaan sehingga materi yang beliau sampaikan terasa menyenangkan.
Diakhir materi beliau meminta beberapa pegawai untuk melakukan role play, bermain peran sekaligus mempraktikan materi pembekalan. Dengan diadakannya role play tersebut materi yang disampaikan menjadi lebih mudah diingat dan dipraktikan.
"Kedepannya saya berharap semua petugas pelayanan kita bisa rutin minimal seminggu sekali melakukan role play pelayanan, agar standart pelayanan yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi kebiasaan dan budaya pelayanan kita ke depannya".
Dalam kegiatan pembekelan layanan PTSM yang juga dihadiri oleh petugas POSBAKUM tersebut, disampaikan pula tentang materi SOP PTSM dan MPP (Mal Pelayanan Publik) oleh Bapak Amrullah, S.H.
Beliau menyampaikan tentang tata cara pengambilan dan pemanggilan antrian yang benar melalui aplikasi buatan beliau sendiri serta membuka jalannya pintu diskusi terkait alur pelayanan dan kendala-kendala yang dialami oleh petugas PTSM selama ini. Sehingga selain hanya mendapatkan materi tentang pembekalan layanan PTSM, peserta yang hadir pada hari ini juga banyak mendapatkan solusi-solusi terkait kendala pelayanan masyarakat.
Tepat pukul 12.00 WITA seluruh kegiatan pembekalan berakhir. Kegiatan pembekalan ditutup dengan doa dan semua peserta pembekalan serta petugas POSBAKUM kembali melanjutkan kegiatan kerja masing-masing.